Upchurch24Lindberg's avatar

Birthday: 04/24

Contact

  • Add to Friends
  • Send Message
  • Trade Items

Equipped List

Interest Tags

Remind me to update my interests.

Wish List

 

About

Kian banyak orang yang mengerjakan budidaya mentimun bagus sebagai hobi dalam berkebun maupun untuk memberikan penghasilan tambahan tiap bulannya. Tanaman mentimun sendiri dikenal sebagai tanaman hortikultura yang diketahui memiliki prospek bisnis yang baik. Karena selain bisa dikonsumsi segera atau sebagai pelengkap salad. Mentimun juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga juga banyak diaplikasikan di industri farmasi khususnya bidang kosmetik.







Asinan mentimun juga menjadi komoditi ekspor yang berhasil pada beberapa negara lain. Ucap saja pasar asinan mentimun saat ini bisa menembus pasar Kamboja, Malaysia, Thailand malah sampai pasar Eropa. nusabudidaya.com bagaimana cara gampang untuk melakukan budidaya tanaman yang satu ini? Benarkah Kita dapat mengerjakannya dengan kelengkapan dan pengetahuan yang simpel sekalipun?



Pasti ada jalan seandainya Anda memiliki niat dan tekad yang kuat untuk mengerjakan budidaya tanaman ini. Karena Indonesia memiliki iklim yang tropis dan tanah yang subur, sehingga benar-benar menyokong untuk dilakukannya berjenis-jenis kesibukan pertanian atau perkebunan yang bisa menjadi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Berikut akan Kita ulas secara rinci mengenai apa saja yang mesti Anda lakukan dalam budidaya tanaman mentimun.



Langkah pertama yang patut Anda lakukan dalam budidaya mentimun merupakan siapkan bahan dan alat. Siapkan lahan, bibit dan pupuk dengan perbandingan jumlah yang berimbang. Umpamanya saja untuk luas lahan sekitar 6000 meter persegi dibutuhkan sekitar 600 gram benih mentimun dengan jumlah pupuk kandang sebanyak 6 ton. Selain itu untuk menyeimbangkan kadar dalam tanah dibutuhkan kapur pertanian sebanyak 1 ton untuk luas lahan yang sama.



Siapkan juga alat penyokong seperti pacul, ember wadah benih, gembor, kored dan lain sebagainya untuk memudahkan usaha pembudidayaan mentimun yang Anda lakukan. Kemudian untuk langkah yang kedua yakni dengan menjalankan penyemaian bibit. Lazimnya dilakukan 2 minggu sebelum penanaman bibit dijalankan. Hal ini semestinya dilaksanakan dengan bagus dan benar supaya supaya bibit mentimun dapat tumbuh dengan maksimal.



Ada tingkatan khusus seperti perendaman bibit dengan air hangat yang bisa Anda lakukan sembari menyiapkan lahan. Anda bisa menanam bibit di polybag atau di tray atau gelas plastik. Berikutnya yakni langkah untuk mengerjakan penyiraman. Dikala benih telah disemai dan berada di media semai Anda bisa menyiramnya dengan bantuan hand sprayer. Hal ini akan menolong pelaksanaan penyiraman supaya tidak terjadi penyiraman dengan terlalu banyak air.



Tutup media semai dengan plastik berwarna hitam dalam jangka waktu sekitar 2 hari hingga bibit mentimun terlihat berkecambah. Siapkan lahan sebaik-baiknya dengan mengerjakan penggemburan dan cek pH tanah. Jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang dan urea. Kemudian buat saluran perairan dan bedengan. Lakukan penanaman dan pemindahan bibit mentimun dari media semai ke lahan pertanian sebaiknya dikerjakan di pagi atau sore hari. Karena cuma di waktu inilah benih akan lantas terkena cahaya matahari. Sekian ulasan singkat seputar sebagian langkah untuk budidaya mentimun dengan sukses.

My Aquarium

Your aquarium is undergoing maintenance!

Friends

Comments

Signature

 

Recent Visitors

Forums

Posts per Day: 0.00

Total Posts: 0

My Playlist

You currently have zero playlists!